Skip to main content

Cara Flash Realme 5 Pro via PC

Bagaimana Cara Flash Realme 5 Pro dengan mudah?

Ada 3 (tiga) cara yang dapat dilakukan untuk melakukan instal ulang atau flashing pada perangkat Anda. Ponsel berbasis android Anda jika bermasalah pada firmware lakukan salah satu dari ketiga cara dibawah ini untuk memulihkan perangkat Anda dengan aman. Berikut caranya dan simak ulasannya.

1. Mode Flash Via PC
Sebelum memulai ke tahapan flashing ada baiknya Anda membaca artikel ini dengan seksama. Perhatikan dan baca baik-baik agar proses flashing berjalan dengan baik.

Perhatikan Hal Penting Dibawah Ini :
Jika tidak ingin beresiko dengan hal-hal yang tidak diinginkan. Harap cadangkan data Anda sebelum memperbarui lakukan hal seperti ini : Buka Pengaturan-> Pengaturan Tambahan-> Cadangkan dan Atur Ulang-> Cadangkan & Pulihkan atau Recovery, pilih Data Anda yang Akan Dicadangkan.

Usahakan pertahankan level baterai atau pengisian daya di atas 30% agar proses berjalan dengan baik dan aman.

Selama proses pembaharuan, harap jangan matikan telepon Anda karena akan berakibat fatal atau perangkat Anda rusak.

Firmware Info :
- Support : Indonesia
- Versi : RMX1971EX_11.C.05
- Ukuran : 3.1Gb

Rom dan Tools yang dibutuhkan :
- Download Aplikasi Qfil Tool
- Download ROM Realme 5 Pro
- Kabel USB Realme

Cara Flash Via Komputer PC :
Cara Memasang dan Menggunakan Qualcomm Flash Image Loader (QFIL):
1. Jika Anda menginstal dan Menggunakan Qualcomm Flash Image Loader (QFIL) di Komputer PC maupun Laptop yang berjalan pada OS Windows, terlebih dulu Anda harus menginstal Driver yang mendukung processor Qualcomm. Untuk Mengunduh Klik di tautan diatas yang telah disediakan lalu Instal Driver USB Qualcomm pada PC Anda.

2. Sekarang Unduh file zip QFIL dan Ekstrak file tersebut di tempat mana saja yang Anda inginkan di komputer PC Anda. Setelah diekstrak, buka foldernya.

3. Pada Folder QFIL, Klik file aplikasi QFIL dan Buka atau Jalankan aplikasinya klik 2x pakai mouse

4. Setelah Anda menjalankan aplikasi QFIL, Anda akan melihat layar Qfil di komputer PC Anda

5. Matikan Ponsel dengan menekan tombol power
Setelah Ponsel Anda dimatikan, Sekarang Tahan tombol Volume UP lalu hubungkan ponsel Anda ke PC ataupun Laptop menggunakan Kabel USB Realme yang telah di sediakan sebelumnya.

Note:
Pada umumnya Model telepon Anda akan ditampilkan di layar PC Anda

6. Sekarang Klik tulisan Browse pada QFIL untuk memilih Stock ROM yang diunduh pada aplikasi QFIL

7. Jika sudah telusuri dan Pilih firmware yang tepat yang Anda unduh dari folder sebelumnya (Pastikan memilih firmware yang benar atau sesuai dengan perangkat Anda)

8. Sekarang Klik tombol Download untuk memulai proses Instalasi.
Proses Instalasi ini akan memakan waktu hampir 10-15 menit saja. Jadi usahakan tunggu sejenak dan Jangan putuskan sambungan ponsel Anda dari komputer jika hal ini terjadi proses akan gagal dan dapat mengakibatkan kerusakan pada perangkat Anda. Jadi berhati-hatilah dalam tahapan ini.

9. Setelah selesai, perangkat Anda akan reboot secara otomatis yang artinya proses flashing telah berhasil Anda lakukan.

2. Mode Instal ROM Via QPST
Cara Memasang dan Menggunakan Qualcomm Product Support Tools (QPST):
1. Jika Anda menginstal dan Menggunakan Qualcomm Product Support Tools (QPST) di PC atau Laptop yang berjalan pada OS Windows, terlebih dulu Anda harus menginstal Driver yang mendukung processor Qualcomm. Untuk Mengunduh Klik tautan di atas dan Instal Driver USB Qualcomm

2. Anda hanya membutuhkan 2 (dua) buah file rar yaitu Qualcomm_USB_Drivers_For_Windows.rar dan QPST.WIN.2.7 Installer-00429.zip lalu ekstrak kedua file tersebut di Komputer PC atau Laptop Anda.

3. Jika sudah sekarang buka folder QPST Win dan Instal file QPST.exe di komputer PC atau Laptop Anda yang sebelumnya sudah di ekstrak dengan winrar lalu ikuti petunjuk instaler pada jendela windows hingga instalasi selesai

4. Setelah Instalasi QPST selesai sekarang cari Lokasi Instaler yang sudah Terinstal di Komputer lebih tepatnya di Drive C://All Program File/QPST

5. Setelah aplikasi QPST terbuka sekarang Buka Konfigurasi QPST lalu Klik Add New Port -> Pilih com port perangkat Anda -> dan klik Close

6. Klik 2x open EMMC Software Downloader untuk langkah selanjutnya di folder yang terletak dalam satu folder File QPST

7. Pada EMMC Software Downloader, pastikan program boot loaders-> lalu klik Browse untuk mencari port com perangkat yang terhubung pada komputer PC

8. Lanjutkan ke tahapan Klik Load XML Def lalu klik browse rawprogram0.xml di folder ROM di EMMC Software Downloader (Jika Anda tidak mengekstraknya, ekstrak ROM lebih dulu lalu telusuri atau cari file rawprogram0.xml)

9. Lalu ketuk pada Load Patch def dan cari patch0.xml di folder ROM yang sudah di ekstrak sebelumnya

10. Periksa search patch 2 lalu klik browse pada folder ROM seperti langkah diatas

11. Sekarang klik tombol Download, tunggu hingga unduhan selesai dalam hal ini proses flashing akan mencari firmware baru yang ditemukan lanjutkan dengan instal driver hingga selesai.

Sampai langkah ini Anda telah berhasil menginstal Stock ROM untuk Realme 5i dan sekarang perangkat Anda seperti baru lagi, bebas virus iklan yang menyebalkan, perangkat sering restart atau mati sendiri, perangkat tidak bisa boot ke tampilan awal atau homescren dan bebas dari masalah apapaun juga setelah flashing berhasil.

3. Mode Pemulihan atau Recovery

Sebenarnya ada banyak cara mode pemulihan melalui metode recovery. Cara tersebut yakni dengan Realme OTA Update, Realme Update System dan Realme Update Recovery Mode. Disini saya akan ulas tuntas ketiga cara tersebut agar perangkat Anda bisa bekerja lebih baik setelah melakukan pembaharuan data dan menutupi buga yang ada.

a. Cara Realme OTA Update
1. Pertama, pastikan perangkat Anda tersambung dengan jaringan Wi-Fi yang berfungsi dengan baik. Pada perangkat Anda secara otomatis akan menampilkan update software terbaru yang tersedia untuk meningkatkan kinerja perangkat Anda. Biasanya Anda dapat melihat notifikasi di ikon 'Pembaruan sistem' pada layar Realme.
Ataupun mungkin secara tidak disengaja pengaturan ini otomatis update. Dan jika firmware perangkat Anda sudah diperbarui, maka akan muncul tulisan di layar Realme "versi perangkat lunak sudah terbaru".
2. Jika belum update langkah selanjutnya adalah unduh firmware dengan mengikuti petunjuk di layar Realme Anda hingga selesai
3. Pilih opsi "Pembaruan Sistem" pada perangkat Realme lalu tunggu dan biarkan sistem melakukan pembaharuan beberapa menit
4. Jika sudah selesai maka perangkat Anda akan reboot dan mulai memperbarui versi firmware yang diinstal atau terbaru tunggu saja hingga perangkat kembali menyala ke tampilan homescreen.

b. Cara Realme Update System
1. Unduh firmware untuk perangkat Realme Anda yang sesuai dengan tipe perangkat Realme hal ini bertujuan agar perangkat Anda dapat berjalan dengan baik saat melakukan pembaharuan.

2. Jika sudah menemukan tipe firmware yang cocok atau sesuai dengan perangkat Anda lalu Download firmware tersebut hingga selesai dan Pindahkan firmware yang download tadi ke penyimpanan telepon Realme.

3. Cari firmware yang di pindahkan tadi atau Anda bisa mencarinya di lokasi penyimpanan File Manager ke folder tempat Anda memindahkan firmware pada langkah sebelumnya

4. Jika sudah ketemu firmware nya lalu pilih firmware> pilih Perbarui Sekarang atau Update Now.

c. Cara Realme Update Recovery Mode
1. Download lalu Copy dan Transfer firmware yang Anda unduh ke penyimpanan telepon atau Kartu SD, lalu matikan telepon

2. Sekarang tekan dan tahan tombol Power dan Volume Down atau Turun, hingga ponsel Anda memasuki Mode Recovery

3. Lalu Pilih bahasa yang Anda inginkan saya sarankan pilih bahasa Inggris

4. Selanjutnya instal dari perangkat penyimpanan, dan cari atau telusuri firmware Dari penyimpanan telepon atau Dari kartu SD

5. Konfirmasi dengan Klik pada firmware dan konfirmasi untuk memperbarui

6. Terakhir harap jangan melakukan operasi lain sampai ponsel Anda berhasil diperbarui.

Lakukan hal tersebut diatas dengan hati-hati dan jangan terburu-buru. Seluruh kerusakan yang terjadi di pegang penuh seluruhnya oleh Anda. Jadi disini saya tidak bertanggung jawab atas kerusakan apapun yang terjadi pada perangkat Anda akibat flashing. Jika Anda mendownload file atau firmware diatas berarti Anda setuju.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Flash Asus a007 ZB501KL QFIL

Teliti lebih dulu untuk mengetahui seri Zenfone Live a007 (ZB501KL) atau jenis ponsel, Anda bisa mengetahui dengan cara browsing via internet untuk memastikan kembali agar nantinya tidak ada kesalah pahaman dalam hal penentuan seri untuk firmware yang akan kita gunakan untuk memperbaiki sebuah ponsel. Jika tidak kita bisa meminjam teman kita jika teman kita memiliki seri ponsel yang sama, lalu buka menu seting atau pengaturan gulir ke bawah untuk melihat tentang ponsel. Nah disitu akan tertera untuk seri atau jenis ponsel berikut versi firmware yang tertanam pada sebuah ponsel android. Setelah kita bisa memastikan pada perangkat android yang akan kita perbaiki dengan cara flash. Barulah kita lakukan download firmware untuk seri yang sesuai dengan ponsel yang akan kita flash. Selain mengatasi hardbrik, terkena v*r*s iklan setelah klik iklan sembarangan dapat kita atasi dengan menginstal ulang/flash Asus Zenfone juga dapat menyelesaikan masalah lain pada sistem Android. Oleh karena itu,

CARA FLASH OPPO A3S VIA QFIL GAK PAKE RIBET

Jika agan sedang mengalami masalah error, hank, restart sendiri, bootloop dan lain-lain pada ponsel oppo a3s nya, berikut saya akan berbagi pengalaman dengan masalah tersebut karena dengan melakukan flash pada perangkat Oppo A3S  cara ini mampu mengatasi hal tersebut diatas. Namun agan memerlukan beberapa bahan yang harus dipersiapkan terlebih dulu untuk melakukan flash dan cara melakukan flash. Berikut ulasannya... Seelumnya saya akan menjelaskan sedikit tentang APA ITU FIRMWARE DAN ROM FIRMWARE DAN ROM ITU BEDA....??MENGAPA?? Inilah Penjelasannya.... Firmware dan ROM memiliki per b edaan mendasar. Ko...bisa beda gan??? kenapa?? begini sob...ceritanye.... >> Firmware umumnya memiliki extensi file .img, .sin, .bin, .tgz jadi firmware dapat di operasikan dengan tool khusus melalui komputer dengan istilah " Flash "  b ukan " Flashing " menurut saya seperti itu...sedangkan >> ROM memiliki ekstensi file hanya satu saja yaitu ektstensi .zip

Cara Flash Oppo A37f Lupa Pola Tanpa Hilang Data

Artikel ini saya buat berdasarkan pengalaman pribadi saya yang terjadi pada teman saya yaitu ponsel oppo A37F nya yang tidak bisa di buka pin atau pola nya dikarenakan layar tochsreen tidak bisa disentuh atau error pada deretan angka 4, 5, 6. Setelah dibawa ke service hp teman bercerita bahwa biaya untuk mengganti sparepart tochsreen plus LCD adalah sebesar 300rb belum termasuk jasa servicenya. Mengingat biaya segitu teman pun kembali pulang karena tidak memiliki dana nya untuk memperbaiki kerusakan ponsel. Apalagi kerusakan bukan hanya touchsreen karena harus mengganti sepasang dengan LCD nya begitulah cerita temanku. Memang kerusakan pada layar tochsreen tidak bisa kita pungkiri karena masalahnya jadi rumit jika pin atau pola tidak bisa kita buka artinya ponsel tidak bisa sama sekali kita gunakan. Teman saya pun berinisiatif menemui saya dan saya tanggapi ceritanya. Dia menceritakan seperti kejadian tersebut diatas dan lagi temen saya tidak mengetahui password email nya yang di dafta